AL-BIRR

“Allah membuat surga karena mencintamu. Allah membuat neraka juga karena Allah mencintaimu,” kata Cak Nun. “Allah menciptakan neraka supaya manusia kembali pada titik keseimbangan. Apapun yang memang baik untuk Indonesia, kita istiqomahkan untuk terus kita kerjakan. Berhasil atau tidak berhasil, bukan urusan kita. Urusan kita adalah bahwa kita tidak pernah berhenti untuk berjuang sampai kapan pun,” tegas Cak Nun.

Artikel sebelumnya

Ruang Waktu Tidur

Sama dengan makan dalam keadaan sangat kenyang, makan itu ya nggak baik. Dalam keadaan sangat lapar, tidak makan yang nggak baik. Tidur juga begitu, setiap shubuh kita mendengar assholatu khairun mina an-naum sholat itu lebih baik dari tidur, berarti tidur baik, cuma sholat lebih baik. Nah, cuman masalahnya tidur yang bagaimana yang baik?

Tak Pernah Tak Lahir Kembali

Jadi, sesungguhnya setiap masuknya file baru di dalam saraf otak manusia itu sebuah kelahiran baru. Oleh karena itu definisi mati bukan berhentinya jantung tapi berhentinya fungsi saraf kesadaran, saraf analisis, saraf pencerapan tehadap kiri kanannya. Begitu  itu tidak berfungsi maka seseorang dinyatakan mati di dalam kedokteran.

Puasa Menuju Taubat Nasuha

Pengampunan Allah kepada kita, di masa yang lalu, dosa-dosa sebelum kita berpuasa itu berbanding lurus dengan apa yang Allah menyebut sebagai kondisi atau syarat imanan wa ihtisaban.

Puasa di Era Inflasi Informasi

Kalau anda mau jadi orang dewasa anda berlatih untuk melakukan sesuatu yang mungkin tidak disukai asal itu benar dan anda tidak melakukan sesuatu yang sebenarnya anda sangat sukai.

Puasa, Private Love

Puasa adalah satu peluang yang luar biasa, di mana seorang individu memiliki peluang untuk bercinta dengan Allah Swt. Anda tinggal mencari cara-cara pandang untuk menemukan dan menghayati betapa dahsyat dan beruntungnya kita mendapatkan peluang untuk bercinta secara pribadi dengan Allah Swt.

Kenduri Cinta, Menanam Benih Manusia Indonesia Baru

Cak Nun menjelaskan bahwa manusia dalam satu detik hanya mampu merekam 40 frame peristiwa. Sementara dalam alam bawah sadarnya terdapat sekitar 1,2 juta frame yang sudah terekam. Setiap keputusan hidup manusia lebih banyak dipengaruhi oleh 1,2 juta frame di alam bawah sadar. Manusia sangat jarang menggunakan akal untuk mengkonfirmasi setiap keputusan akalnya yang muncul secara spontan. Setiap pertanyaan tentang apapun akan dijawab spontan berdasarkan data yang tersedia di alam bawah sadar manusia. “Maka Anda jangan mengandalakan ilmu, dalam konteks bahwa Anda dikuasai secara terus menerus oleh alam bawah sadar Anda”, ungkap Cak Nun.