AVENGER ALMIGHTY

Maiyah adalah dialektika antara Allah dengan manusia yang saling bersambut. Ketika Allah menurunkan hidayah, sebisa mungkin kita sebagai manusia merespons hidayah Allah itu, hingga akhirnya Allah akan terus menambahkan lagi hidayah-hidayah yang lain kepada kita. Maka, iman nomer satu bukan anda percaya kepada Allah, tetapi bahwa anda sendiri harus memperjuangkan diri anda agar dipercaya oleh Allah Swt.

Artikel sebelumnya

Mukadimah: AFDLALIYAH MAIYAH

Demokrasi seolah sudah menjadi puncak dari pencapaian peradaban umat manusia. Usaha kritis terhadap demokrasi langsung dicap sebagai gerakan pengacau stabiltas masyarakat. Sekalipun sudah jelas-jelas ada perbedaan mendasar antara prinsip bermusyawarah dan demokrasi, namun tetap saja saat ini benarnya orang banyak dijadikan acuan kebenaran. Padahal benarnya orang banyak belum tentu benar.

Bertudung Waste Container

Menginjak tahun 2020, Kenduri Cinta mengawali hajatan tidak sebagaimana biasa. Menggeser jadwal bukan dalam satu atau dua hari, namun melompat ke hari kerja para pegawai kantoran, yakni di hari Selasa, 14 Januari 2020. Bahwa jadwal default-nya Kenduri Cinta adalah hari Jumat pekan kedua. Monthly schedule ini sangat melekat di kepala setiap orang (jamaah) maiyah di mana pun, sehingga mereka akan gampang menjawab pertanyaan: tiap hari apa acara Kenduri Cinta diadakan?

Puncak Tauhid Seorang Kuryoto

Siapa yang mengira jika sebenarnya Allah sendiri memang menunggu Kuryoto untuk mengungkapkan hal yang senada dengan apa yang diungkapkan oleh Rasulullah Saw di puncak kebuntuan menghadapi persoalannya di dunia. Pada titik itulah Allah membuktikan kebesarannya, kemurahannya, kasih dan sayangnya. Dan Kuryoto telah membuktikan itu. Bahkan, ia sekarang agak sedikit menantang dengan mengungkapkan bahwa dia terkadang kangen dengan penderitaan yang dulu sangat akrab dengan hidupnya. Mengasyikkan bukan?

Harmoni Alam Membuka Perjalanan 2020

Dan malam itu Cak Nun juga berpesan, bahwa yang utama dalam beriman kita kepada Allah bukan soal kita percaya kepada Allah. Itu merupakan hal yang normal, wajar dan sudah seharusnya. Justru yang harus kita usahakan adalah bagaimana agar kita menjadi manusia yang dipercaya oleh Allah. Satu pijakan yang sangat selaras dengan pesan Ust. Noorshofa di awal, agar kita jangan sampai membuat Allah murka. Dan tentu kita pasti ingat salah satu puncark wirid Rasulullah Saw; In lam takun ‘alayya ghodoblun falaa ubaali. Asalkan Engkau tidak marah kepada ya Allah, maka aku tidak peduli terhadap apapun di dunia ini.

Mukadimah: AVENGER ALMIGHTY

Apa yang bisa kita pelajari dari Al Fatihah? Setidaknya, kita mempelajari bahwa ada banyak asma-asma Allah yang ada di dalam surat Al Fatihah. Yang paling sering kita dengar adalah; Ar Rahman dan Ar Rahiim, yang juga menurut Cak Nun adalah ikon utama Allah. Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dan di dalam surat Al Fatihah, kita akan menemukan asma-asma Allah yang lain. Kita mengenal ada isitilah asmaul husna, 99 nama Allah yang merupakan nama-nama Allah yang mencerminkan sifat-sifatNya. Tapi, apakah nama-nama Allah hanya terbatas berjumlah 99?

DARURAT AKAL TIDAK SEHAT

Akal adalah alat untuk berpikir. Berpikir untuk mengenali sesuatu, memetakannya, menemukan sebab-akibatnya, menemukan relasi-relasi antara sesuatu dengan sesuatu yang lain, kemudian merumuskannya dan menemukan padatan atau tajaman dari sesuatu yang dipahami itu supaya kita bisa menjalankan hidup kita secara jelas. Tidak ada akal yang tidak sehat, akal pasti sehat. Munculnya istilah akal sehat dan akal tidak sehat lebih karena kekacauan zaman, dimana manusia tidak mampu berpikir secara wajar sebagaimana manusia seharusnya.