AVENGER ALMIGHTY

Maiyah adalah dialektika antara Allah dengan manusia yang saling bersambut. Ketika Allah menurunkan hidayah, sebisa mungkin kita sebagai manusia merespons hidayah Allah itu, hingga akhirnya Allah akan terus menambahkan lagi hidayah-hidayah yang lain kepada kita. Maka, iman nomer satu bukan anda percaya kepada Allah, tetapi bahwa anda sendiri harus memperjuangkan diri anda agar dipercaya oleh Allah Swt.

Artikel sebelumnya

Mukadimah: hiber-nation

SUDAH HAMPIR dua setengah bulan sejak pembatasan aktivitas diberlakukan di ibukota dan beberapa kota lain karena adanya pandemi Virus Corona. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus ini. Dari social distancing maupun physical distancing. Bentuknya bisa work from home, karantina, stay at home, atau bentuk apapun dengan beragam istilah lainnya. Sedang Negara menggunakan istilah PSBB…

Mukadimah: NEGARA DALAM SUNYI

INI TENTANG MEMBERI JEDA, sejenak, sesaat. Ya, Kenduri Cinta edisi April 2020 “NEGARA DALAM SUNYI”, memberi jeda sejenak kepada langit dan bumi, kepada alam semesta untuk saling memahami dan belajar, serta memaknai, sampai pada akhirnya kita siap kembali bermujahadah. Kini, biarkanlah alam membimbing dan mengajarkan kita untuk uzlahsementara waktu ke dalam ruang-ruang batin kita, mengamati kembali seluruhnya dengan lebih detail, dengan presisi yang lebih tepat dan akurat.

Mukadimah: KELUARGA MUTAHABBIN

Ilmu tanpa kebijaksanaan sangat berbahaya. Di tangan orang yang tidak tepat, sebilah pedang bisa sangat berbahaya. Tidak hanya berbahaya bagi orang lain di sekitarnya, tapi juga dapat membahayakan dirinya. Karenanya, selama proses latihan, replika pedang dari kayu digunakan, untuk mengurangi risiko cedera.

Mukadimah: AFDLALIYAH MAIYAH

Demokrasi seolah sudah menjadi puncak dari pencapaian peradaban umat manusia. Usaha kritis terhadap demokrasi langsung dicap sebagai gerakan pengacau stabiltas masyarakat. Sekalipun sudah jelas-jelas ada perbedaan mendasar antara prinsip bermusyawarah dan demokrasi, namun tetap saja saat ini benarnya orang banyak dijadikan acuan kebenaran. Padahal benarnya orang banyak belum tentu benar.

Bertudung Waste Container

Menginjak tahun 2020, Kenduri Cinta mengawali hajatan tidak sebagaimana biasa. Menggeser jadwal bukan dalam satu atau dua hari, namun melompat ke hari kerja para pegawai kantoran, yakni di hari Selasa, 14 Januari 2020. Bahwa jadwal default-nya Kenduri Cinta adalah hari Jumat pekan kedua. Monthly schedule ini sangat melekat di kepala setiap orang (jamaah) maiyah di mana pun, sehingga mereka akan gampang menjawab pertanyaan: tiap hari apa acara Kenduri Cinta diadakan?

Puncak Tauhid Seorang Kuryoto

Siapa yang mengira jika sebenarnya Allah sendiri memang menunggu Kuryoto untuk mengungkapkan hal yang senada dengan apa yang diungkapkan oleh Rasulullah Saw di puncak kebuntuan menghadapi persoalannya di dunia. Pada titik itulah Allah membuktikan kebesarannya, kemurahannya, kasih dan sayangnya. Dan Kuryoto telah membuktikan itu. Bahkan, ia sekarang agak sedikit menantang dengan mengungkapkan bahwa dia terkadang kangen dengan penderitaan yang dulu sangat akrab dengan hidupnya. Mengasyikkan bukan?